Sepiring Kenangan di Rumah Gudeg Mbak Oos

338

Bagi yang pernah mengenyam pendidikan di Jogjakarta tentu tidak asing dengan makanan khas kota pelajar itu, ya Gudeg namanya.

Untuk warga Kotabumi yang belum pernah mencoba masakan manis khas Jogja tersebut, atau yang hanya ingin merasakan kembali manisnya kenangan kota pelajar ini, sekarang cukup datang ke Rumah Gudeg Mbak Oos yang terletak di bilangan Kapten Mustofa (TK Islam Kartika), Kebun Empat, Kotabumi Selatan. Suasana Jogja begitu terasa ketika memasuki tempat tersebut, selain disambut dengan ramah, pecinta kuliner dimanjakan dengan riuh kicau burung diruang tengah rumah yang menyatu dengan dapur itu, tempatnya sejuk karena dipenuhi tanaman hias diantara kolam ikan yang ada di Rumah Gudeg Mbak Oos.

Tidak mahal, penikmat kuliner cukup merogoh kocek Rp.10 ribu, sudah bisa menikmati gudeg yang disajikan secara rumahan tersebut. Bahkan pengunjung dapat memesan wedang Uwuh (minuman dari bahan rempah rempah) dengan menambah biaya Rp.5 ribu saja.
Cuma memang Rumah Gudeg Mbak Oos, kalau dari luar tidak terlihat seperti tempat makan, karena tempatnya yang berada di dalam sekolah TK Islam Kartika.

Gudeg sendiri terbuat dari nangka muda mentah (Jawa: gori). Direbus selama beberapa jam dengan gula aren, dan santan rempah-rempah tambahan termasuk bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati, yang memberikan warna coklat kemerahan ke masakan. Dengan berbagai campuran bumbu tersebut, gudeg menjadi terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang khas, pada umumnya. Hal ini sering digambarkan sebagai “nangka hijau rebus yang manis”.(kis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini