Ketua TP-PPK Lampura Hadiri Sekaligus Memimpin Tim Penilai Lomba Desa

77

Lampung Utara,-Lensahukumnews.com
Hj.Nur Endah Sulastri Budi Utomo Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung memimpin tim penilai lomba Desa di tingkat Kabupaten,yang telah masuk tiga besar pada kesempatan lomba Desa tahun 2022.

Penilaian lomba Desa kali ini bertepatan di Desa Sidokayo , Kecamatan Abung Tinggi , Kabupaten Lampung Utara, yang di hadiri langsung oleh wakil Ketua Tim lomba Desa yakni Ketua TP-PKK Hj.Nur Endah Sulastri bersama Tim.

Kemudian turut pula hadir seluruh Unit Kerja Pemerintah Kecamatan (UPK) yang terdiri dari Camat, Kepala Puskesmas dan Kapolsek,Danramil , delapan Kepala Desa, se- Kecamatan Abung Tinggi ,” pada hari Selasa , 24/5/2022.

Kegiatan pada lomba Desa Sidokayo di isi dengan berbagai kegiatan di mulai dari tari – tarian, seterusnya mempromosikan hasil dari pertanian perkebunan yang berlimpah ruah.

Kemudian mengenalkan hasil kreatifitas Ibu PKK Desa Sidokayo, seperti keripik pisang, bubuk kopi dan lain-lain ciri khas berbagai menu makanan.

Tidak kalah penting lagi Desa Sidokayo memiliki destinasi taman wisata curup Way Kandis.

Selanjutnya mengenalkan lumbung pangan dan lumbung ikan nila di Desa Sidokayo.

Dalam kesempatan tersebut di sampaikan
Hj. Nur Endah Sulastri,kegiatan kali ini merupakan verifikasi nilai penentu Lomba Desa di tingkat Kabupaten.

Adapun penilaian di terapkan pada tiga sistem, penilaian secara pemaparan, lalu penilaian survei lapangan dan penilaian secara administrasi.

Bagi Desa yang lolos dalam penilaian dan menjuarai lomba Desa di tingkat Kabupaten akan mewakili 232 Desa di Lampung Utara untuk ikut lomba Desa di tingkat Provinsi .” Katanya

Hj.Nur Endah Sulastri,juga menyampaikan apresiasinya dengan Pemerintah Desa dan khususnya dengan masyarakat di Desa Sidokayo ,atas dukungan dan keberhasilan lomba Desa di tingkat Kabupaten.” Ujarnya.

Hj.Nur Endah Sulastri menambahkan”Iapun sangat bangga dengan masyarakat Desa Sidokayo yang dapat menciptakan ekonomi mandiri, dengan sumber pendapatan warga dari hasil pertanian,perternakan.

Semoga saja Desa Sidokayo dapat meraih juara pada tingkat lomba Desa Kabupaten dan Provinsi.

Sehingga potensi kekayaan Desa Sidokayo akan semakin berkembang dan membaik dapat kembali bangkit dan semangat baru dari situasi pandemi covid’19.” Ucapnya.

Hj Nur Endah Sulastri juga mengatakan ada tiga Desa yang masuk di dalam tiga besar lomba Desa tingkat Kabupaten antaranya ” Desa Sukamaju Kecamatan Abung Semuli , Desa Sidokayo Kecamatan Abung Tinggi dan Desa Ratu Abung Kecamatan Abung Selatan,dari ke tiga Desa ini telah ada dua Desa kita verifikasi dan hari Jum’at nanti terakhir di Desa Suka Maju,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Camat Abung Tinggi Hj.Megaraini, mengucapkan banyak terimakasih kepada Tim penilai Kabupaten, yang telah hadir di Desa Sidokayo pada kali ini di pimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Hj.Nur Endah Sulastri.

Kemudian Megaraini Camat Abung Tinggi” menjelaskan pada Biografis Desa Sidokayo yang berbeda di atas pegunungan dan
memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa.

“Bila di gali tentunya dapat menciptakan kesejahteraan pada masyarakat dan dapat meningkatkan Bandan Usaha Milik Desa (BUMDes) seterusnya akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Lampung Utara, tentunya akan mendukung sektor pembangunan dengan arah yang lebih baik lagi kedepannya,” Katanya.

Lanjut Camat pada kesempatan tersebut Desa Sidokayo memiliki 1073 (KK) dengan jumlah penduduk berjumlah 3526 jiwa dan luas wilayah 501,5.H.

Desa Sidokayo Terdiri Dari Tiga Suku dan Adat Budaya antaranya Suku Jawa , Sunda dan Semende,dari ke tiga suku adat budaya di Desa Sidokayo selalu bahu – membahu , tolong menolong, mengedepankan gotong royong , selalu bergandengan tangan demi untuk Kemajuan Desa Sidokayo.

Semoga saja pada penilaian penentu kali ini, Desa Sidokayo dapat meraih juara satu , sehingga akan terus bergerak ke tingkat provinsi,untuk mempromosi kekayaan dan potensi alam dengan harapan dapat untuk menunjang kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Daerah Lampung Utara yang akan lebih baik lagi.” Tutupnya.

Sementara Kepala Desa Sidokayo Agus Saripudin,sangat optimis Desa Sidokayo dapat meraih juara satu pada lomba Desa tingkat Kabupaten pada tahun 2022.

Keoptimisan Agus Saripudin,melihat dari dukungan masyarakat Desa Sidokayo yang sangat antusias mengadakan lomba Desa, dan mendukung sepenuhnya.”Kata Agus.

Kemudian Agus Saripudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim penilai Kabupaten Lampung Utara,kepada segenap unsur Unit Kerja Pemerintah Kecamatan (UPK) khususnya pada warga masyarakat Desa Sidokayo sehingga dapat suksesnya lomba Desa kali ini yang telah melampaui beberapa proses.” Ucap Agus.

Agus Saripudin menambahkan akan terus memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar apa yang menjadi motivasi ikut lomba Desa kali ini, dapat tercapai sesuai dengan apa yang di harapkan,” pinta Agus.(*).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini