Lentera Dari Dalam Lapas Kelas IIA Kotabumi

261

Lampung Utara – Jangan jadikan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi dunia lain, yang tertutup dan tidak terbuka, kita membina mereka agar mnjadi lebih baik. Kata Endang Lintang Hardiman, Kalapas Kelas II Kotabumi, diruangannya, Kamis (03/02).

Kalimat ini terucap, terkait pertanyaan publik mengenai kegiatan rutin memperbaiki prasarana umum, oleh Lapas Kelas IIA Kotabumi yang melibatkan warga binaannya beserta masyarakat, beberapa ppekan belakangan ini, distadion Sukung Kotabumi.

Endang Lintang mengatakan, Lapas merupakan tempat pembinaan para narapidana, agar dapat mengembalikan mereka kepada masyarakat sesuai dengan bakat minat warga binaan.
“Saat ini Lapas adalah tempat pembinaan yang humanity, jadi sengaja kita beri kepercayaan kepada mereka untuk terlibat dalam kegiatan diluar, untuk membangun kepercayaan diri agar mampu berbaur kepada masyarakat, dengan keterampilan yang mereka miliki,” Kata dia.

Disini, jelas Endang Lintang, Lapas tidak memaksa warga binaanya untuk melakukan aktifitas minat, apa yang warga binaan lakukan berdasarkan kemauan mereka, tetapi memiliki nilai ekonomi yang bisa dimanfaatkan kelak.
“Jadi berdasarkan kemauan mereka saja, kita hanya memfasilitasi dan mengarahkan. Mengedukasi apa yang mereka pelajari nantinya memiliki nilai ekonomi untuk mereka dan keluarga ketika kembali ke masyarakat kelak,” Jelas dia.

Endang Lintang menerangkan, tidak hanya dalam hal seni dan ekonomi kreatif saja yang dipelajari warga binaan, tetapi juga juga dalam hal keagamaan.
“Itu mural yang mengelilingi banga Lapas adalah hasil karya warga binaan, bahkan membawa nama Lampura menduduki peringkat dua dalam lomba mural se-provinsi Lampung. Bahkan kita sekarang memiliki program Dai napi keliling setiap Jum’at.” Pungkasnya. (KIS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini