PWI Lampura Akan Ikuti Rangkaian HPN 2022

150

Lampung Utara – M. Rozi Ardiansah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) pastikan perwakilannya akan mengikuti secara langsung serangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN)Tahun 2022 yang dilangsungkan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Insya Allah perwakilan pengurus PWI Lampung Utara akan mengikuti secara langsung rangkaian-rangkaian kegiatan HPN yang dilangsungkan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara,” kata Rozi Ardiyansah.

Dipastikannnya pengurus PWI Lampura ikut secara langsung pada serangkaian acara HPN 2022 ini merupakan wujud keaktifan keanggotaan dan kepengurusan PWI setempat di momen peringatan Hari Pers Nasional. Selain itu, kata Batin Ozi, sapaan akrab M Rozi Ardiyansah, puncak pelaksanaan peringatan HPN setiap tahunnya dilaksanakan pada tanggal 9 Februari, dan pelaksanaan HPN ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).
“HPN 2022 atau tahun ini dilaksanakan juga di Hari Ulang Tahun PWI yang ke 76. Ini dasarnya kita harus mengikuti serangkaian kegiatan HPN yang dilaksanakan di Kendari itu,” ujarnya.

Seraya mengatakanSebagai insan pers momen HPN ini merupakan momen bersejarah bagi pelaku jurnalistik. Terlebih lagi pelaksanaannya juga bertepatan pada hari ulang tahun PWI.
Hal itu didasarkan pada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 5 tahun 1985 di masa Pemerintahan Soeharto. Disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Sebelum adanya Kepres Nomor 5 tahun 1985, HPN juga telah tercantum dalam salah satu butir keputusan Kongres ke 28 PWI di Kota Padang, Sumatera Barat pada tahun 1978. Disetujui, peringatan HPN dilaksanakan sesuai dengan hari lahir PWI. Kesepakatan tersebut tidak terlepas dari kehendak masyarakat pers untuk menetapkan satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

Usulan masyarakat tersebut disetujui oleh Dewan Pers dalam sidang ke 21 di Bandung pada 9 Fbruari 1981 untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah. Akhirnya ditetapkanlah HPN dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi yang ada di Indonesia.

Begitu panjang sisi historis insan pers mewarnai perkembangan bangsa dan negara mulai zaman pra emerdekaan hingga saat ini untuk menjemput Indonesia Maju 2045 yang bertepatan dengan usia 100 tahun Indonesia.

Rozi Ardiyansah menambahkan, rangkaian kegiatan HPN 2022 yang dipastikan akan diikuti oleh pengurus PWI Lampura diantaranya, kegiatan Webinar tentang “Tantangan Jurnalis Perempuan di Era Digital” yang akan dilaksanakan secara daring via zoom pada, Sabtu 5 Februari 2022 yang dimulai jam 10.00 – 12.00 WIB.
“Selanjutnya Insya Allah akan kita ikuti secara langsung seperti rangkaian kegiatan pertunjukan seni masyarakat, pameran potensi pembangunan, pameran UMKM, pameran ekonomi kreatif, dan pameran pers, yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 6 Februari 2022 yang lokasi kegiatannya dijadwalkan di Tugu Persatuan MTQ Square. Rangkaian kegiatannya jadwalnya dimulai sejak pukul 15.00 WITA sampai dengan selesai. Setelah itu ya kita akan mengikuti rangkaian kegiatan lainnya di acara HPN 2022.” kata Rozi Ardiyansah. (PWI/KIS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini