Dorong Masyarakat Lampura Menfaatkan Sorgum, Balitbang Balai Kementrian Gelar Bimtek Tahap-II

156

Kotabumi,-Lensahukumnews.com
Pemerintah daera Lampung Utara membuka acara Bimbingan teknis tahap II padat karya Inovasi Balibangtan yang di adakan kerjasama Balai teknologi Pertanian Kementrian Pertanian Dengan ICD (Indonesia Cerdas Desa,) di aula Dinas Pertanian dan perternakan Selasa 08 Juni 2021.

Acara dibuka Bupati yang diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Lampung Utara Wahab dan dihadiri Ketua DPRD Romli, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung dan Profesor Endang Lestari Penelti Kementrian Pertanian, balai LiTbangtan Beserta Kepala Balai Pak Mastur yang mengisi materi untuk petani.

Ketua Indonesia Cerdas Desa (ICD) Lampung Utara, Adi Candra mengatakan Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan delai. Saat ini Lampung Utara berhasil menjadi percontohan lahan yang bisa menghasilkan bibit unggulan yang rencananya akan di sebarkan di Seluruh Daerah di Indonesia, ini suatu prestasi untuk Lampung Utara.

Pemerintah Daerah, melalui Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara Wahab mendukung program tersebut. Semoga apa yang menjadi harapan bersama dan para pertani untuk kesejahtraan kedepan lebih baik.

Ketua DPRD Lampung Utara Romli mengatakan Sorgum bukanlah tanaman yang baru lagi. Namun melalui bimbingan teknisnya diharapkan para petani di Lampung Utara dapat mendapatkan tata cara yang benar dalam pengolahan sorgum. Agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal dan bibit yang unggulan. Akhir nya
Untuk mensejahterakan rakyat Petani khusus nya.

Selanjutnya menurut Agus Toni Sekretaris Agri Lampung Utara
Bahwa Tanaman Sorgum Turunannya merupakan Tanaman yang Multi Manfaat, yaitu Pakan, Pangan dan Energi.

Batang disamping berguna untuk Pakan dan pupuk organik, Batang diperas cair an nya bisa jadi Nira, Siyrup, kecap dan Gula Sorgum.
Buah merupakan bahan Beras dan tepung yang bisa di buat berbagai makanan, baik makan panganti nasi, maupun kue Kue, mie Dll.

Sementara ditempat yang sama Bupati Lampung Utara yang kini diwakilkan oleh kepala dinas pertanian Wahab menuturkan bahwa sangat mendukung program Kementrian dalam membantu sektor perekonomian masyarakat para petani guna mendapat budidaya sorgum ini bisa lebih menguntungkan bagi para petani.

Wahab juga berharap semoga untuk kedepannya budidaya sorgum ini bisa menjadi makanan khas khususnya Lampung Utara, “karena kita lihat asas kemenfaatan sorgum ini bisa apa saja membuat makanan seperti keripik, kue, pengganti nasi dan bahan pangan kas daerah tentunya. (Arf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini