Kementerian Kominfo Adakan Webinar Literasi Pertama Di Lampura

240

Lampung Utara,-Lensahukumnews.com
Diera digital diharapkan masyarakat melek digital dengan mengetahui aplikasi yang bermanfaat dan mampu memanfaatkan dengan baik. Sehingga hal-hal yang buruk tidak akan terjadi. Apalagi ditengah adanya Undang-Undang ITE yang dapat menjerat pengguna medsos.

Sejalan dengan hal tersebut Kementrian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) mengadakan kegiatan Webinar Literasi Digital di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melalui daring dengan tema, “Memberikan Pemahaman Positif Bagi Pengguna Media Sosial.”Pada hari Rabu, 2 Juni 2021. Dengan jumlah peserta 465.

Untuk membahas tema tersebut. Dihadirkan keempat narasumber berkompeten. Narasumber pertama, Syali Gestanon, memaparkan tentang, “Menyuarakan pendapat di dunia digital.” Jika kita tidak bisa menggunakan pikiran dan jari dengan baik di dunia digital maka itu akan menyebabkan hal yang tidak baik.

“Terdapat isu yang terjadi di masyarakat berasal dari kejadian biasa, kemudian disebarkan di medsos. Ditanggapi para influencer atau netizen dan akhirnya menjadi isu publik,” Ungkap Syali.

Narasumber kedua, Irwan Prasetyo, mengatakan saat kita memanfaatkan seluruh search engine, media sosial, repository, semua sudah menjadi rekam jejak digital. Maka sebagai generasi muda kita harus waspada tidak semua aplikasi mampu menjaga privasi.

Narasumber ketiga, Sumarno, menyatakan sesuai perkembangan zaman kita harus menggeser dari budaya konvesional menjadi budaya digital.

Narasumber keempat, Purna Bayu Nugroho, menyampaikan untuk memilih dan memilah informasi perlu diketahui tidak hanya dalam media sosial saja yang bisa menyebarkan hoax tetapi jurnal-jurnal yang belum terakreditasi didasarkan pada sumber-sumber benar didalam artikelnya.

Salah satu peserta, Selvi bertanya bagaimana penyampaian informasi yang efektif melalui dunia digital bagi anak-anak seperti apa?

Irwan Prasetyo, selaku narasumber menjawab perlu pendampingan dari orang untuk anak. Apalagi banyak website yang berbahaya.

Sementara, Ahmad Nawawi, Runner Literasi Digital Lampura, mengucapkan terima kasih kepada narasumber maupun peserta yang terlibat. Untuk diketahui kegiatan Webinar Kementrian Kominfo di Lampung Utara selanjutnya akan dilaksanakan pada 18 Juni 2021. “Semoga antusias peserta lebih banyak lagi.” harapnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini