Informasi Bocor, Pelaku Ilegal Mining Kabur

445

Way Kanan – Informasi adanya razia yang dilakukan Polres Waykanan terhadap para pelaku tambang emas ilegal (illegal mining) di sepanjang aliran sungai Way Umpu, bocor.
Pasalnya, saat sampai dilokasi eploisitas ilegal mining, aparat penegak hukum hanya menemukan alat penambang emas saja, sedangkan para pelaku tidak ditemukan sama sekali.

Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung, membenarkan pihaknya telah melakukan razia tambang emas ilegal disepanjang sungai Way Umpu. Razia yang berjalan aman tanpa perlawanan dari warga sekitar.
“Benar, pada hari ini (Kamis red) kita sudah menurunkan personil kelokasi penambangan emas ilegal yang sudah dipetakan. Tapi kami tidak menemukan aktifitas penambangan, hanya menemukan mesin, dan pondok untuk para pelaku beristirahat.” Kata dia, Saat dihubungi melalui aplikasi Whatsapp, Kamis (28/01/21).

Untuk mencegah penambang ilegal melakukan eploisitas kembali di sepanjang aliran sungai Way Umpu, Polres Waykanan mengamankan mesin penambang, dan beberapa barang bukti guna penyidikan lebih lanjut.
“Bahan kimia yang mereka gunakan untuk menambang emas ini sangat berbahaya bagi ekosistem sungai, termasuk manusia, makanya ikut kita amankan, guna penyelidikan lebih lanjut” Tukasnya.

Pihaknya, masih kata Kapolres, akan bekerjasama dengan instansi terkait, untuk menutup aktifitas ilegal mining di wilayah hukumnya, bahkan akan melakukan tindakan tegas kepada yang masih melakukan aktifitas ilegal tersebut.
“Kedepan, kita berharap tidak ada lagi ilegal mining di Way Kanan. Jika himbauan ini tidak diindahkan, kami akan melakukan tindakan tegas. Saya telah perintahkan kepada anggota terus bergerak, bahkan kita akan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Pemkab Way Kanan, Kodim/ 0427 Way Kanan. Dalam penertiban tambang emas ilegal.” Tegasnya (San/kis)

DIduga ada kebocoran informasi, aparat kepolisian Polres Waykanan hanya menemukan mesin penambang dan pondok kosong, tanpa ada aktifitas penambang emas ilegal
Dampak kerusakan lingkungan yang dialami akibat aktifitas ilegal mining

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini