Istanto, SH. Langkah Besar Hentikan Penebaran Covid-19

459

 

Virus Corona (Covid-19) saat ini penebarannya makin luas dan susah terdeteksi, Pemerintah harus mengambil satu langkah besar untuk memutus mata rantai penebaran Virus Corona, langkah berani dengan mengkarantina wilayah bahkan lockdown lokal seperti yang sudah dilakukan Kabupaten Kebumen, guna melindungi masyarakatnya.

Lonjakan Orang Dengan Pengawasan (ODP) secara sigifikan naik, bahkan beberapa wilayah di Indonesia masuk dalam zona merah, celah untuk menghindar hanya satu memutus penebaran wabah tersebut dengan mengkarantina wilayah atau Lockdown lokal, mendata setiap orang yang masuk atau keluar dari wilayah Lampung khususnya Lampung Utara.

Social Distancing yang sudah diterapkan, bahkan masuk ke Fisikl diatance yang sudah diterapkan oleh pemerintah saat ini dinilai belum begitu efisien mencegah penebaran wabah virus Covid-19, karena tanpa diimbangi dengan tindakan yang represif dari aparat terkait.

Karantina wilayah adalah langkah yang bijak dan tepat jika diambil oleh pemerintah khususnya Lampung Utara, karena bukan lockdown yang notabene akan memakan banyak anggaran. Tugas pemerintah dalam Karantina wilayah hanya menyeleksi dan memeriksa akses keluar masuknya orang dan barang, ini bisa terwujud jika pemerintah daerah bersinergi dengan semua element, baik TNI, Polri, DPRD, dan lapisan masyarakt mendukungnya.

Tentu ini diiringi dengan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) khususnya untuk para anggota Gugus depan, dalam hal ini, TNI, Polri, dan Paramedis, didukung dengan sosialisasi untuk hentikan budaya mudik untuk sementara baik hari raya Idul fitri maupun sesudahnya sampai wabah tersebut dapat dikendalikan.

Tentu, langkah berani ini ada resikonya, karena dengan karantina wilayah, seluruh sub sektor akan stagnan bahkan berhenti, tapi akan sesuai dengan hasilnya, karena dapat memaksimalkan pemutusan mata rantai penebaran virus Covid-19, dan ini tidak permanen, karantina wilayah diberlakukan sampai benar-benar masuk dalam status aman.

Pada akhirnya semua dapat terlaksana dan terkendali, jika kita semua mendukung dan mentaati kebijakan yang diambil oleh pemerintah, Karena apapun itu, semua dilakukan untuk kebaikan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini