Pasar tradisional modern tubaba sudah mulai operasional, pedagang antusias.

98

Tubaba, -lensahukumnews.com Pedagang lama sudah pindah kegedung yang baru pada hari ini Kamis 10/2/2022 terlihat dari antusias pegadang sedang melakukan pindah barang dan menata toko dagangan mereka. pasar sudah mulai ramai diharapkan bisa segera pindah semuanya. Walaupun di sana-sini masih perlu pembenahan.

Namun sangat disayangkan masih ada pedagang pakaian yang masih ragu bahkan beberapa pedagang yang belum pindah tersebut mengajak pedagang lainnya agar jangan pindah dulu sebelum peraturan bupati keluar.

  • Bahar selaku koordinator penataan dan pengelolaan pasar pulung menghimbau kepedagang yang belum pindah,” masuk-masuk aja dulu kepasar ini nanti kalau peraturan bupati (PERBUB) nya sudah turun dan tidak cocok harganya silahkan tidak jualan disini jika tidak cocok nantinya.” Ujar Bahar.

Pasar ini dibangun untuk kepentingan rakyat Tubaba pasar ini juga bukan hanya untuk transaksi jual beli namun juga pasar wisata dan diharapkan oleh Bupati Umar ahmad

Dilantai atas terdiri dari kios sedang dan kecil untuk pedagang kain atau penunjang sandang seperti baju, celana, tas, sepatu, peralatan sekolah, peralatan sholat dan aksesoris dan lain-lain.

sedangkan kios yang besar diprioritaskan untuk UMKM Pemda, kepolisian, lanut dan sebagainya dan sewa toko sesuai dengan aturan-aturan perbub untuk penataan dan pengelolaan pasar pulung.

Dilantai bawah ada toko buah, toko emas, toko elektronik, pangan seperti sayuran, beras, telur, minyak, sembako.
Dihamparan basah Pedagang daging dan ikan.
Untuk pedagang hewan kambing, unggas seperti ayam, bebek, entok bila pedagang sudah selesai berdagang akan dibersihkan

Sementara waktu menunggu PERBUB sampai saat ini belum ada tarikan seperti keamanan dan kebersihan, kecuali parkir itu hanya untuk mengamankan motor pedagang dan pembeli.
Dana dari parkir untuk Membenahi keperluan dari oprasio parkir itu sendiri seperti untuk rompi seragam dan pembenahan tempat keluar kendaraan, selanjutnya untuk parkir nanti KOPERINDAK berkordinasi dengan DISHUB, sementara saat ini Tarif parkir motor 2000 dan tarif parkir mobil 5000 masih mengunakan tarif dari pasar yang lama.

Untuk keamanan satpam terdiri dari 24 Personil satpam ditambah satu koordinator semua SK dari koperindak, pedagang ada yang sudah buka dari jam lima subuh dan tutup jam 7 malam kalau mau sampai malam silahkan.

Dalam tahab adaptasi sat ini memasukkan pedagang mendata agar sesuai dengan los-losnya sesuai dengan hamparan yang di tentukan.
Agar penataan barangnya bisa rapih dan tertib, tidak bergelantungan, agar tidak ada papan nama yang dipaku kecuali di tempelkan sementara karena akan ada model yang diseragamkan nantinya. Saat ini sedang dipersiapkan oleh arsiteknya untuk penataan nama-nama toko.

Pasar lama akan tutup, dibersihkan dan sterilkan oleh dinas PUPR TUBABA dan akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH). (Nurul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini