Dony : 2021 Kotabumi Utara Jadi Destinasi Agrowisata

530

Lampung Utara – Manfaatkan lahan kosong terbatas dirumahnya, Ruri Ardani (45) sulap rumahnya manjadi agrowisata buah Melon jenis golden.
Berkat keterampilannya ini, warga Dusun Sukajadi, Desa Madukoro baru, Kecamatan Kotabumi Utara tersebut, mampu meraih omset hingga Rp. 10 juta per minggu.

Ruri Ardani yang saat disambangi oleh Lensa Hukum News, didampingi oleh Feri Yanto Pj. Kepala Desa Madukorbaru mengatakan, awalnya tidak ada niatan untuk menjadikan rumahnya sebagai agrowisata keluarga.
“Awalnya hanya untuk mengisi lahan kosong rumah saja, tapi ternyata banyak peminatnya, jadi ya begini” Kata Ruri, Selasa (17/11/20).

Kini, kata Ruri, dia mulai kewalahan memenuhi permintaan pengunjung yang datang ke agrowisata miliknya tiap akhir pekan, sehingga dia berniat mengembangkan usaha tersebut.
“Ya untuk antisipasi penuhnya pengunjung, kita batasi. Selain menyajikan petik buah Melon ditempat, saya juga menjual bibit varietas Melon golden” Singkatnya.

Menyikapi hal tersebut, Dony F Fahmi, Camat Kotabumi Utara mengatakan, akan memfasilitasi warganya untuk terus mengembangkan usaha agrowisata tersebut, agar kedepan Kecamatan Kotabumi Utara menjadi destinasi rujukan agrowisata.
“Ini memang sudah masuk dalam program kita kedepan, karena di tahun 2021 Kotabumi Utara menjadi kecamatan destinasi agrowisata, karena disini banyak sekali budidaya perkebunan, dari hydroponik hingga tanaman buah” Kata Dony.

Dony menerangkan dirinya telah memanggil seluruh Kepala Desa binaannya untuk urun rembuk menjadikan Kotabumi Utara sebagai wisata edukasi khusunya agrowisata.
“Mereka sudah saya panggil, untuk membicarakan hal tersebut, bahkan beberapa waktu lalu saya juga mengundang tim ahli pertanian untuk mengkajinya, karena ini akan meningkatkan perekonomian bagi warga” Jelasnya.

Tentu, masih kata Dony, tumbuhan yang disajikan bervariatif agar pengunjung yang datang tidak jenuh dengan buah buahan dan sayuran yang monoton.
“Ya kalau sejenis, tentu pengunjung akan jenuh, nanti kita kelompokan, sehingga ada pemerataan pendapatan. Saya optimis ini akan berkembang, karena pengunjung selain dapat berselfie dilokasi wisata, mereka mendapatkan edukasi” Terangnya.

Diketahui, Kecamatan Kotabumi Utara sedang gencarnya mempersiapkan wisata edukask terpadu yang melibatkan antar desa di kecamatan tersebut guna mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Kotabumi Utara yang kebanyakan berprofesi sebagai pelaku UMKM dan petani. (kis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini