Terjadinya Covid-19,Desa Wonomerto Kebanjiran Perantauan Pulang

498

Lampung Utara|| Lensahukumnews.com
Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, tampaknya akan lebih banyak menerima kedatangan warga perantau, baik dari luar Kota, maupun dari luar Negeri, yang masuk ke Wilayah tersebut.

Salah satunya, Desa Wonomarto, Kec.Kotabumi Utara, dari hasil Update data perantau yang masuk ke desa tersebut, Sabtu, (11/4/2020), hingga pukul 21.00 Wib, terdata aktual sebanyak 71 orang.

Menurut Kades Wonomarto, Waskito Yusika, ada sebanyak 71 warga desanya yang merantau diluar Lampura, dari data yang ada 65 orang berasal dari Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, juga Bekasi. Sementara 6 orang lainya perantau dari luar negeri.

“Dari 6 orang warga yang bekerja diluar negeri tersebut, dengan perincian, 2 orang pekerja dari Malaysia, 2 orang dari Hongkong, dan 2 orang lainnya pekerja dari Taiwan,” beber Waskito Yusika, Sabtu (11/4/2020)

Selain itu menurutnya, warga perantau diberikan arahan dan imbauan melalui Satgas desa, untuk semaksimal mungkin dengan kesadaran serta kedisiplinan melakukan karantina mandiri selama dua pekan. Dan para perantau tersebut dilakukan sterilisasi desinfektan terhadap barang bawaannya masing-masing.

“Namun, apabila warga sekitar ada yang melaporkan, serta masih meragukan kondisi kesehatan dari keberadaan para perantau, maka mereka akan kita kumpulkan di balai desa untuk dilakukan pengecekan kesehatan dari bidan desa dengan menerapkan ketentuan standar operasional (SOP) dan menjalani protap kesehatan,” jelasnya.

Waskito juga menyampaikan bahwa, jumlah personel Satgas Desa Wonomarto yang terbentuk sebanyak 100 orang petugas, terdiri dari aparatur dan perangkat desa, bidan desa, pendamping desa, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa setempat.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini