Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Lampura Segera Tanggapi Rekomendasi DPRD

198

Lampung Utara,-Lensahukumnews.com
Di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021, Indonesia saat ini sedang dihadapi dengan problematika yang sangat rumit di segala bidang baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial, moral dsb. Misalnya dalam bidang ekonomi seperti masih tingginya angka kemiskinan, korupsi merajalela. Dilanjutkan lagi dalam bidang pendidikan seperti pendidikan yang tidak merata, banyaknya tawuran antar pelajar, dan pada bidang sosial seperti perang saudara, kriminalitas, dan lainnya.

Serta yang paling krusial adalah demoralisasi yang terjadi di kalangan masyarakat baik di kalangan pejabat tinggi, wakil rakyat, mahasiswa, pelajar SMA bahkan pelajar SMP dan SD pun mengalami krisis moral tersebut. Sungguh dramatis dan miris sekali jika kita lihat sekarang di hampir semua layar kaca dan media informasi lain yang menayangkan bagaimana krisis moral ini sudah menular dan menggrogoti semua lapisan masyarakat dari para petinggi negara hingga para pemuda yang akan menjadi penerus bangsa di kemudian hari.

Apalagi sekarang bertepatan Di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) banyak sekali Rekomendasi dari Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Kepada Daerah khususnya didaerah kabupaten Lampung Utara.

Melalui DPRD Lampura mengatakan bahwa Standard mutu pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tunas Ragem masih rendah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Utara, Mat Soleh menjelaskan bahwa sejumlah langkah telah dilakukan dan dipersiapkan untuk menuju peningkatan mutu standar pendidikan

Sudah ada langkah yang telah dilakukan seperti inventarisasi masalah program peningkatan mutu yang dimulai dari PAUD sampai SMP,” jelas Mat Soleh, Minggu (02/05/2021).

Mat Soleh juga menambahkan Disdikbud Lampura juga melakukan pemetaan mutu berdasarkan buku Raport siswa untuk dilakukan perbaikan, dengan indikator dari delapan standar Nasional Pendidikan.

“Delapan Standar Nasional Pendidikan akan kita pastikan telah berjalan dengan baik di sejumlah sekolah di Kabupaten Lampura,” imbuh Mat Soleh.

Selain hal itu guna menunjang peningkatan mutu pendidikan, Kadisdikbud Lampura mempersiapkan program pelatihan bagi dewan guru dan tenaga kependidikan serta mengadakan kegiatan lomba yang bersifat Akademik maupun Ekstrakurikuler.

“Hal ini sangat penting, peningkatan kapasitas dan kapabilitas tenaga pendidik dan dewan guru akan berpengaruh langsung dengan sistem pengajaran dan pendidikan,” ujar Mat Soleh.

Ia melanjutkan demikian halnya dengan anggaran untuk proses peningkatan mutu pendidikan dari Paud sampai SMP juga akan dipersiapkan.

“Akan ada pos khusus guna menunjang peningkatan mutu diperlukan anggaran dan hal itu akan dipersiapkan,” pungkas Mat Soleh.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini