Alasan Tingkatkan SDM Aparatur Desa, PMD Gelar Bimtek

162

Lampung Utara – Alasan meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam pengelolaan keuangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) berencana gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa bagi para kepala desa, menggunakan aplikasi sistem keuangan desa (SISKUEDES).

Rencananya bimtek tersebut akan dilaksanakan selama dua hari dimulai pada tanggal 9-10 April 2021 mendatang di Hotel Horison Bandar Lampung (Balam).
Ini diketahui dari pengakuan Wahab, Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lampura.
“Ya kegiatan Bimtek SISKEUDES itu untuk 232 desa se-Lampura dan akan dilaksanakan pada hari Jum’at sampai sabtu besok,” Wahab, Rabu (7/4).

Terkait itu, Wahab menerangkan, tidak ada keharusan pemerintah desa untuk mengikuti Bimtek dan dikembalikan kewenangan ke Pemdes masing-masing.
“Bimtek ini bukanlah rekomendasi dari PMD, artinya yang mau ikut silahkan karena disesuaikan dengan anggaran desa, apabila memang sudah ada anggaran di APBDes 2021 dipersilahkan,” Jelas Wahab.

Terpisah, Edward Ketua APDESI yang juga Kepala Desa Buring Kencana mengatakan pihaknya belum mendapat informasi mengenai Bimtek tersebut dari pihak penyelenggara.
“Memang waktu itu difasilitasi oleh PMD untuk melaksanakan Bimtek, kami oke-oke saja, namun jangan sampai bermasalah karena bimtek kami perlukan untuk pendukung tenaga ahli desa,” Tukas Edward.

Secara mekanisme, Edward tidak menyetujui pelaksanaan bimtek dilakukan satu titik.
“Saya tidak setuju kalau diadakan hanya satu titik. Saya setuju bila diadakan di klaster, contohnya di beberapa desa kecamatan tertentu,” Pungkasnya. (Arf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini