#Moveondong_LU

299

Ditulis oleh : Kisworo Yudi

Geliat Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) untuk terlepas dari nilai negatif sepertinya perlu diapresasi, meski belum begitu respontif mungkin karena masih diserang oleh pandemi Covid-19, dan belum dilantiknya Budi Utomo sebagai Bupati definitif.

Merespon niatan Pemerintah daerah merekontruksi kinerja dan pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang reformis tersebut, sepertinya bukan hanya tanggung jawab eksekutif dan legislatif saja, tapi diperlukan peran serta masyarakat dengan pemikiran yang konstruktif guna mengawasi kinerja penyelenggara negara yang menganut pemerintahan demokrasi.
Dalam hal ini masyarakat tidak hanya menjadi objek pengaturan dari pemerintah akan tetapi juga menjadi pelaku dari setiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, oleh karena itu peran serta masyarakat dalam pengawasan setiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah merupakan suatu kewajiban.

Partisipasi publik ini sepertinya memiliki peran dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik (good government), kewajiban masyarakat tersebut jelas tertuang dalam pasal 354 tentang partisipasi masyarakat, di Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Jika ini disikapi dan diterima oleh pemangku jabatan, tentu akan menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Sebagai syarat utama terwujudnya pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Bagaimana cara mewadahi aspirasi bawah tersebut, tentu pemerintah daerah memiliki kebijakan tersendiri, didasari materi dan kajian evaluasi.

Dalam menyampaikan aspirasinya, masyarakatpun tidak boleh asal bunyi saja, tapi harus melampirkan rangkuman beberapa instrumen evaluasi melalui pengamataan, observasi, studi Kasus, Diskusi serta interaksi  dengan OPD terkait dengan melakukan Analisis Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT), yang merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).
Jika ini dapat terwujud, tentu memberikan udara segar bagi pemerintah daerah menapaki era baru dengan semangat baru sesuai dengan tagline #moveondong_LU

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini