LPM TUBABA hadiri MusDa Pertama dan Pelantikan DPD LPM Kabupaten Mesuji 

43

TUBABA,lensahukumnews.com -Musyawarah Daerah Pertama dan Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Mesuji berjalan dengan sukses di balai desa Simpang Mesuji Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. 13/10/22.

Kegiatan dihadiri ketua DPD provinsi Lampung Drs Hi. Ahmad Bastian SY beserta jajarannya, PJ Bupati yang diwalikili asisiten I Indra Kusuma Wijaya , Kepala Badan Kesbangpol, kadis PMD, Dandim, Kapolres, camat se-kecamatan, unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan Bawaslu.

Acara yang terselenggara oleh panitia pelantikan DPD LPM Mesuji dengan ketua panitia Mastur, dalam sambutannya, “musyawarah di ikuti oleh 60 peserta dari 7 kecamatan dan ketua terpilih adalah Drs Tatak Rianto”jelasnya.

Sesi awal di mulai dengan musyawarah daerah Mesuji, dari 7 kecamatan yaitu simpang pematang, Tanjung raya, way Serdang, panca jaya, Mesuji timur, rawa jitu Utara dan Mesuji pada musda tersebut terpilih menjadi ketua DPD LPM Mesuji adalah Drs. Tatak Rianto.

Dalam sambutannya ketua terpilih mengatakan, “saya terpilih sebagai ketua LPM dengan musda tadi pagi dan langsung dilantik oleh LPM provinsi, ketika saya dikasih emban sebagai ketua LPM saya berharap seluruh anggota LPM kabupaten Mesuji akan bersinergi dan kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Mesuji.

Apabila nantinya ada teman yang mengatasnamakan LPM yang tidak bersinergi dengan pemerintah daerah, kecamatan dan pemerintah desa agar segera melaporkan dan langsung saya ganti, Krn tujuan LPM di Mesuji ini untuk kerjasama. Apabila ada yang tidak baik, kepada APH saya minta tolong langsung tangkap saja,” tandasnya.

Lanjut sesi berikutnya pelantikan kepengurusan DPD kabupaten Mesuji yang dibacakan oleh sekretaris DPD LPM Lampung Ali Sopian SH dan prosesi pelantikan oleh Ketua DPD provinsi Lampung Drs Hi. Ahmad Bastian SY, “LPM Mesuji baru saja dilantik, dalam rangka musda pertama LPM Mesuji hasil musda menghasilkan ketua terpilih.

Momentum pelantikan ini bukan sebuah serimonial yang mengakhiri sebuah proses perjalanan LPM kabupaten Mesuji tetapi ini adalah sebuah momentum untuk mengaktifkan segala macam tugas dan fungsi kepada LPM kabupaten Mesuji.

Tugas pertama LPM adalah konsolidasi organisasi yang harus segera dilaksanakan membentuk pengurus di 7 kecamatan setelah terbentuk maka tugas berikutnya mengkonsolidasikan program ke desa, Konsolidasi program itu didapatkan dari rapat kerja daerah LPM kabupaten Mesuji,

karena program kabupaten harus dipercepat oleh program dari DPD LPM provinsi dan juga harus mengsingkronkan aspirasi yang berkembang di LPM kecamatan. LPM kecamatan untuk melegalisasi keputusan yang sudah dikeluarkan oleh kepala desa tentang lembaga LPM yang ada disini, LPM desa itu di SK-kan kepala desa tetapi dilegalkan oleh LPM kecamatan.” Pungkasnya.

Dalam Sambutan Bupati Mesuji yang diwakili oleh asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Indra Kusuma Wijaya, “saya berharap pada seluruh pengurus yang baru agar memantapkan niat pengabdian pada masyarakat serta dapat bersinergi dan mendukung program yang dijalankan pemerintah Mesuji,

pengurus DPD LPM harus segera Tupoksi secara kreatif dan inovatif serta adaptif terhadap dinamika yang sedang berkembang di masyarakat karena LPM merupakankan lembaga kemasyarakatan dan ditugaskan menyusun rencana pembangunan secara partisipatif mengerakkan swadaya gotong royong masyarakat serta melaksanakan dan mengendalikan pembangunan” pungkasnya

Pesan Indra pada DPD Mesuji, “agar dapat menjalankan tugas organisasinya yang amanah, profesional dan penuh tanggung jawab selama periode menjabat sehingga memiliki nilai yang signipikan bagi kemajuan masyarakat, Selamat atas dilantiknya LPM kabupaten Mesuji.”ujarnya.

Lanjutnya, “Dengan dana desa maka desa membangun. Sekarang desa banyak uang milyaran, banyak juga kepala desa yang masuk penjara. “ Indra mengakhiri. (Nurul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini