Pemkab Tubaba: diharapkan LPM mampu menjadi motivator dan penyambung aspirasi masyarakat

87

TUBABA, lensahukumnews.com -DPD LPM Tubaba mengadakan musyawarah daerah pertama periode 2022-2027 yang dibuka oleh Ir Novriwan Jaya SP Sekretaris Daerah Tulang Bawang Barat di Sesat Agung Komplek Islamic Center, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT) Kabupaten Tubaba 9/9/22. Dilanjutkan siangnya acara pelantikan kepengurusan DPD LPM Tubaba. Dalam sambutan Ir Novriwan Jaya SP pada pembukaan musda,

“Sudah saya lihat dan baca sangat mulia lembaga pemberdayaan masyarakat ini adalah mitra pemerintah tiyuh dalam rangka pelaksanaan pembangunan ditingkat tiyuh. Kita harapkan dengan adanya LPM ini bisa berjalan roda pemerintahan dengan baik. Majunya Indonesia Dari pembangunan tingkat tiyuh. Tugas kita sama-sama menjadikan Tubaba yang kita harapkan. Dulu Tubaba bukan-bukan, bukan tujuan bukan lintasan tetapi sekarang Tubaba tujuan wisata.” Pungkasnya.

Dari 9 utusan kecamatan se-Tubaba dalam musda pertama Tubaba ini serentak sama suara menunjuk Junaidi Farhan agar bisa menjadi ketua DPD LPM Tubaba, dan ditetapkan Junaidi Farhan menjadi ketua LPM Tubaba. Junaidi Farhan dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, dengan masa Bakti 2022-2027 dengan mengusung tema “Dengan Semangat Gotong Royong Siap Bersinergi dan Berperan Untuk Lampung Berjaya” 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPD LPM Prov. Lampung Drs. H. Ahmad Bastian. SY. ( Anggota DPD RI dapil Prov. Lampung ), Asisten III H. M Rasidi, S.E.,MH. Ketua Komisi III Faisol, SH. Dandim 0412/LU diwakili oleh Danramil 412-01/TBT Kapten Inf Jauhari. Kapolres Tubaba diwakili oleh Ipda Nurwadi. Sekretaris DPD LPM Prov. Lampung Ali Sopiyan, SH. Ketua DPD LPM Tubaba Junaidi Farhan, Seluruh ketua DPD LPM Kab/kota se-Provinsi Lampung dan staf ahli Bupati Tulangbawang Barat.

Ketua DPD LPM Tubaba, Junaidi Farhan mengatakan, “dengan dilantiknya kita pada hari ini sebagai pengurus mendapatkan beban dipundak. Oleh karena itu harus bisa berbuat, paling tidak dengan hadirnya LPM di Tubaba tidak menjadi gulmanya Pemerintah Kabupaten Tubaba serta meminta dukungan dari semua pihak. LPM merupakan wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. “Jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Provinsi Lampung, Drs. H. Ahmad Bastian. SY. Mengucapkan terimakasih karena hari ini Tubaba telah mampu mengukir sejarah, mencatatkan tinta emas yang mana kita ketahui bersama telah melantik DPD LPM Tubaba untuk pertama kalinya.“Untuk itu, dengan keberadaan ibu Zaidirina sebagai PJ Bupati Tubaba, beliau akan meneruskan program-program yang sudah direncanakan dan memelihara program-program yang sudah terbangun di Kabupaten Tubaba.”jelasnya.

“Direncanakan LPM akan melaksanakan Bimtek terhadap 2435 desa yang rata-rata pengurus LPM nya 10 orang setiap desa semoga proposal yang kita ajukan bisa dikabulkan oleh menteri dalam negeri. Saya mengucapkan selamat kepada Ketua LPM Tubaba beserta seluruh jajaran pengurus atas pelantikan masa Bakti 2022-2027 ini bukan akhir dari sebuah proses perjuangan melainkan tonggak awal untuk mengibarkan bendera LPM di Kabupaten Tubaba,” paparnya.

Ditempat yang sama Asisten III, M Rasidi mewakili PJ Bupati Tubaba, menyambut baik kehadiran LPM di Kabupaten Tubaba. Peran LPM sangat diperlukan bagi Pemerintah Daerah, sebagai lembaga swadaya masyarakat. “Diharapkan LPM mampu menjadi motivator dan penyambung aspirasi masyarakat agar pembangunan dapat berjalan dengan baik. Saya juga berharap, LPM dapat menjadi mitra pemerintah dalam menampung dan mengusulkan pembangunan secara merata hingga perdesaan,” ungkapnya.

“Dia juga menegaskan, LPM harus aktif dan interaktif sampaikan kepada kepala Tiyuh dan Camat, mana saja pembangunan yang harus didahulukan. Visi dan misi LPM harus sejalan dengan program Pemerintah Pusat dan kabupaten yakni, bagaimana agar pembangunan itu dilaksanakan secara merata dan tidak lupa turut pula membangun ekonomi kerakyatan. Atas nama Pemerintah Kabupaten Tubaba, saya mengucapkan selamat kepada DPD LPM yang telah dilantik. Mari kita bersama memberdayakan masyarakat Tubaba, menjadikan masyarakat yang mandiri, berinovasi dan berkreativitas,” Rosidi mengakhiri.

(Nurul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini