Enceng Gondok sangat mengganggu arus lalu lintas perairan sungai Way Kiri, Bagaimana solusinya?

74

TUBABA, lensahukumnews.com -Sungai way kiri melintasi perkampungan pribumi Tubaba debit airnya naik dikarenakan pada seminggu terakhir ini curah hujan yang tinggi debit air diperkirakan naik 2meter. Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung salah satu yang dilewatinya. (23/8/22)

Sungai way kiri banyak terlihat Enceng gondok dipermukaan air sungai yang diduga hanyut dari bendungan way rarem kabupaten Lampung Utara, lalu lintas sungai yang mengunakan perahu manual atau perahu bermotor sulit melintas, seperti yang terlihat dari siaran langsung akun Facebook Bahsin cingle https://www.facebook.com/bahsin.cingle.1/videos/3208027062848323/
Ini menunjukan padatnya Enceng gondok tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Tulang Bawang Barat menanggapi Enceng gondok yang memenuhi permukaan air sungai way kiri, Nizom mengatakan, ” setiap tahun memang Enceng gondok lewat, BPBD ini untuk penyelamatan jadi bukan bidangnya. Seandainya terdampak banjir itu yang kita tolong untuk penyelamatannya. Untuk kebersihan sungai coba hubungi Dinas Lingkungan Hidup.” Jelasnya melalui telpon seluler.

Menurut hemat penulis hambatan pengguna arus sungai yang terhalang oleh dampak tersebut sebagai DAMPAK dari Enceng gondok.

Dinas Lingkungan Hidup melalui Kabid Gusron menjelaskan, “Enceng gondok itu mengganggu lalulintas perairan, bukan katagori pencemaran air. Untuk mencari solusinya itu ranahnya Balai Besar Way Kiri.” Pungkasnya.
Sampai berita ini diterbitkan balai besar way kiri belum bisa dikonfirmasi karena kontak untuk menghubungi belum ada. (Nurul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini