PWI Lampura Bersama Kalapas Kelas IIA Gelar Ziarah Kemakam Minak Triodeso

212

Lampung Utara,-Lensahukumnews.com
Mengingat sejarah cagar budaya di Lampung, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara bersama Tim Bhakti Sosial Merah Putih Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi melakukan wisata religi ke situs makam leluhur Minak Triodeso di Desa Skipi Kecamatan Abung Tinggi kabupaten setempat, Jumat (04/06/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka mengingat sejarah cagar budaya ke makam leluhur Minak Triodeso dan menggelar Bhakti Sosial dengan cara bersih-bersih makam sekaligus memperbaiki makam tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Lampura) dan Kalapas Kelas IIA beserta warga binaan narapidana yang turut membantu Bhakti Sosial memperbaiki makam leluhur Minak Triodeso.

Endang Lintang Hardiman selaku Kalapas Kelas IIA mengatakan kegiatan ini merupakan bhakti sosial yang kesekian kalinya dilakukan bersama PWI Lampung Utara.

”Terimakasih PWI Lampura yang telah mengajak dan menggandeng kami untuk membersihkan dan memperbaik dan sekaligus ziarah ke makam Minak Triodeso ini” tuturnya

Kegiatan ini adalah kegiatan Bhakti Merah Putih Narapidana yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga Situs bersejarah agar keasliannya tetap terjaga.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan kembali warga binaan agar masyarakat dapat menerima kembali warga binaan ketika mereka kembali ke masyarakat.

”Untuk Kegiatan ini kita mengerahkan 20 warga binaan narapidana untuk membantu kita dalam Bhakti Sosial ini,” ujarnya

Sementara itu ditempat yang sama Ketua PWI Lampung Utara, Rozi Ardiamsyah mengatakan, bahwa cagar budaya ini merupakan salah satu aset daerah. Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada pemerintah daerah agar untuk meningkatkan akses jalan.

”Karena ini merupakan potensi daerah untuk dapat dikembangkan menjadi wisata religi,” tambahnya.

Dijelaskan, bahwa Makan Minak Triodeso adalah salah satu situs bersejarah atau cagar budaya yang ada di kabupaten Lampung Utara yang wajib kita jaga dan pelihara bersama.

”Kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Abung Tinggi kami berharap agar bersama-sama untuk bergotong royong bersama menjaga kelestarian Makam Minak Triodeso ini,” Pungkasnya.(Arf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini