Perbaikan Jalan Perkotaan Lampura Bakal Menggunakan DAK

543

Lampung Utara – Jalan lingkungan  diwilayah perkotaan Kotabumi Lampung Utara (Lampura), yang rusak parah sepertinya belum bisa diperbaiki.
Pasalnya anggaran yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kabupaten setempat tidak mencukupi.

Anggaran tanggap darurat di PUPR, kata Syahrizal sangat minim, tidak cukup untuk membiayai perbaikan seluruh ruas jalan diperkotaan.
“Bisa menggunakan anggaran tanggap darurat, tapi tidak cukup, karena dana tanggap darurat di PUPR hanya Rp.1 miliar,” Kata Syahrizal, senin (31/05).

Mungkin, kata Syahrizal, untuk spot-spot yang pendek PUPR Lampura sanggup membiayai, tapi harus menggunakan skala prioritas, seperti jalan-jalan yang lubangnya sudah dalam.
“Kita hanya bicara skala prioritas, karena dananya tidak ada. Takutnya nanti dibilang omong kosong, cuma bisa kasih harapan hampa,” Tegas Syahrizal.

Untuk kembali mempercantik perwajahan kota tersebut, menurut Syahrizal, Pemkab Lampura akan memerpaiki melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), mengingat volume kerusakan infrastruktur sudah meluas dan parah. Dia menerangkan pihaknya sudah berkonsolidasi dan memprogres dengan kementrian PUPR dan balai jalan, mengenai permasalahan tersebut.
“Kalaupun nanti, PUPR diberikan anggaran, akan kita masukan di APBD PerubahanPerubahan. Ini pun untuk spot-spot pendek jalan lingkungan. Kalau untuk ruas yang panjang kita mengajukan dana DAK,” jelas dia.

Ketika ditanya mengenai Rencana Usulan Proyek (RUP) PUPR Lampura tahun anggaran 2021 yang belum masuk ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) kabupaten tersebut, Syarizal menjelaskan kalau sedang melakukan perubahan rangka acuan kerja, akibat pergeseran Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).
“Ada perubahan dari segi acuan kerja, kemarin ada pergesaran di DPA kita, dan baru selesai pada 10 Mei lalu. Ini sudah masuk dalam tahap penyerahan dari PU ke ULP,” Tegasnya.

Dapat disimpulkan dibulan Juni 2021, Pemkab Lampura mulai melakukan tahapan pekerjaan pembangunan dibidang infrastruktur. (Kis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini