Mahasiswa UMKO Berhasil Ciptakan Produk Organik Dengan Merk Agronika

80

Lanpung Utara,-Lensahukumnews.com
Prodi Agroteknologi dan Agribisnis Fakultas Pertanian dan Perternakan Universitas Muhammadiyah Kotabumi (FPP UMKO) berhasil menciptakan Produk pertanian berupa media tanam (kompos) organik dengan merk “Agronika”. Media tanam merupakan tempat tumbuh dan berkembang tanaman.

Produk yang diciptakan untuk kesuburan tanaman terbilang masih baru. Namun memiliki berbagai ragam manfaat bagi tanaman. Media tanam Agronika yang kami buat berasal dari bahan yang mudah ditemukan di sekitaran kotabumi. Bahan media tanam yang digunakan adalah kotoran hewan yang sudah matang (kotoran sapi), sekam padi, dan arang tempurung kelapa (batok kelapa), ” kata Septa Febriyanti Mahasiswa UMKO prodi Agroteknologi, Kamis (27/5/2021)

Ia menjabarkan, Kombinasi ketiganya akan menghasilkan manfaat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kotoran hewan yang digunakan yaitu kotoran hewan sudah matang artinya sudah mengalami proses dekomposisi secara alami di kandang.

Manfaat dari kotoran hewan yaitu memberikan nutrisi atau hara bagi tanaman, dan dapat memperbaiki kesuburan tanah di lahan/polybag/pot. Sekam padi yang ditambahkan berfungsi sebagai pengikat air dan unsur hara, sehingga unsur hara dapat tersedia bagi tanaman.

Selain itu, sekam padi tidak mudah menggumpal sehingga baik untuk perkembangan akar tanaman. Arang tempurung kelapa memiliki manfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan kesuburan tanah karena arang tempurung kelapa memiliki kemampuan dalam memperbaiki sirkulasi air dan udara didalam tanah, menjaga keseimbangan kelembaban dalam tanah dan juga meningkatkan pH tanah sehingga memudahkan pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman.

Jika akar berkembang dengan baik di dalam tanah, maka akar akan bekerja dengan baik dalam menyerap air dan unsur hara sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

Saat ini, lanjut dia, media tanam Agronika masih diaplikasikan untuk media tanam tanaman hias, namun tidak menutup kemungkinan dapat digunakan juga untuk tanaman budidaya seperti jagung dan padi.

Media tanam Agronika tersedia di kantor Fakultas Pertanian dan Peternakan UMKO dan bagi masyarakat yang berminat ingin mencobanya dapat hubungi langsung nomor 081290487586 atas nama Nyang Vania.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini